Saturday, October 06, 2012

lagu



saya adalah orang yang hobi mengagumi lagu - lagu yang saya dengar. kadang suka pengen teriak - teriak sendiri saat denger lagu yang luar biasa bagusnya (menurut saya). gregetan!

saya suka heran, kenapa musisi - musisi itu bisa bikin lagu sebagus itu. apa yang mereka pikirkan? kekuatan apa yang mereka punya kok bisa - bisanya bikin lagu sebagus dan seenak itu? sukak kesel deh! #salahfokus

ada beberapa sebab saya jadi mendengarkan lagu. yang pertama nggak sengaja denger. sebagai seorang penyiar mau nggak mau hampir setiap hari saya dijejelin macem - macem lagu. yang kedua, karena saya diperintahkan buat bisa menyanyikan lagu itu untuk sebuah kepentingan *mbulet*, bahasa prancisnya 'ngulik'. yang ke tiga karena rekomendasi siapapun, menurut mereka ada lagu yang bagus dan layak di dengar, lalu saya coba mendengarkan, dan mencoba membuktikan. yang lainnya adalah mengikuti dengan tidak sengaja orang - orang yang sedang mendengarkan lagu (di sekitar saya).

bukan memahami lirik yang saya lakukan saat pertama mendengar sebuah lagu, tetapi nada. pertama vokal, lalu satu demi satu saya dengarkan nada yang dihasilkan tiap - tiap instrumentnya. lalu setelah itu saya bakal terkagum - kagum campur terheran - heran, kok bisa - bisanya mereka bikin bunyi gitar seperti ini, bikin ketukan drum seperti itu, bikin harmonisasi dan aransemen seperti anu. musisi - musisi gila!

nada, itu kekuatan utamanya, kemudian lyrics make it complete! *kalo saya sih

apapun sebabnya, gimanapun caranya, saya akan tetap menjadi seorang pecandu lagu. selamanya.

No comments: