Wednesday, July 21, 2010

adik saya sipobianasi

(copasted from my article at http://ngerumpi.com/baca/2010/06/27/adik-saya-sipobianasi)


Adik saya nggak makan nasi. Dan saya baru nyadar kalo sekarang dia sudah kelas tiga esema.

Dari bayi dia nggak pernah mau makan nasi apapun bentuknya. Nasi tim, bubur, nasi beneran, nasi goreng, nasi bakar, nasi campur, nasi rames, nasi padang, peyek nasi *emang ada?*, semua yang berbau nasi dia nggak makan.

Awalnya dari bayi kalau disuapin hal - hal berbau nasi itu dia langsung muntah hebat. Lama - lama dia semakin ‘saiko' *maap ya adiku yang lutu*, dia jadi takut sama nasi. Takut? Lebih tepatnya jijik. Setiap lewat dapur atau ruang makan dia ngebut, takut nginjek nasi. Setiap ada orang makan (nasi) di dekatnya, dia menjauh. Dan kalau saya ledekin (saya tempelin sebutir nasiiii aja ke badanya) dia langsung nguamuk, marah, dan jijik (sampe hoek - hoek saking jijiknya). Argh...dia ditempelin nasi aja reaksinya kayak ditempelin ti*ja.

Ibu saya usahanya udah mati - matian buat bikin adik saya ‘sadar' dan ‘kembali ke jalan yang benar'  makan nasi. Beliau udah ke dokter anak, ahli gizi, sampai ke psikiater segala *takut jangan - jangan adik saya menderita nasiphobia*, tapi para ahli itu bilang adik saya baik - baik saja, nggak ada yang salah pada jiwa dan raganya.

Setelah agak gede *apanyaa??* phobianasi adik saya sedikit *sedikiiiit lohhh* berkurang. Dia udah nggak lari kalo lewat dapur, dan nggak menjauh kalo ada yang lagi makan (makanan yang bernasi) di sebelahnya. Tapi dia tetep dong nggak mau makan nasi.

Pernah yah waktu adik saya esempe, dia ada acara piknikan ke Jakarta sama teman - teman sekolahnya. Pulang - pulang dia mriang bukan kepalang. Usut punya usut ternyata gurunya maksa dia untuk makan nasi boks, dan karena merasa intimidated oleh si guru killer tersebut, akhirnya makanlah dia satu sendok nasi. Yang terjadi adalah dia langsung mriang, sakit, pucet, muntah - muntah, lemes, dan baru sembuh setelah seminggu bedrest. Saya sama ibu saya aja sampe triping *maksutnya geleng - geleng kepala* saking nggak habis pikirnya.

Ibu saya aja sampe bilang ke adik saya ‘kalo kamu mau makan nasi, sepiriiiiiiing aja dan nggak sakit, mama sembelehin satu sapi buat syukuran!'. Buseeeeeet...


Adik saya kenapa ya? Kok aneh gitu...


Tadinya malah saya pikir dia bukan anak bapak ibu saya. Mungkin dia keturunan bule, abisnya gak doyan nasi.


Eh...beneran. Adik saya kenapa ya???

No comments: