Wednesday, July 21, 2010

memang kenapa kalau saya memikirkan mati

(copasted from my article at http://ngerumpi.com/baca/2009/11/12/memang-kenapa-kalau-saya-memikirkan-mati)



suatu hari nanti,

bila aku jadi buruk rupa dan tidak menarik lagi,

bahkan bila aku tidak bisa apa – apa,

cacat,

lumpuh,

atau sekarat hampir mati...

masihkah kau mencintaiku sebesar ini?


Nggak tau kenapa tiba – tiba semalam hal itu terlintas di pikiran saya. Dan saat saya menjadikannya status facebook, comment-nya (seperti biasaaa) dho ra nggenah-nggenah. Tapi ada satu komen yang agak waras:


itu gmbaran dah tua to?

heheheheheh…

kalo bisa jangan ngomong gitu, bisa terjadi lho...

soalnya ada yang saksi dan kalo ada yang ga baik bisa didoakan beneran

(itu cuman saran aja ya)

heheheh...


Pengen rasanya balik tanya, memang kenapa kalau saya berpikiran, ato berbicara tentang hal seperti itu? Apa benar ini ada hubungannya dengan petuah ’jangan ngomong hal yang jelek ah, ngomong yang baik – baik aja. Ntar kedengeran yang diatas bisa kejadian lo’. Lho?? Padahal kan saya cuman lagi ngomongin hal yang realistis, bukan berdoa. Terus...apa bener omongan adalah doa? Saya ga gitu ngerti.

Saya dulu pernah nanya ke mama saya

‘mam, nanti kalo aku mati mama sedih gak? jangan sedih – sedih banget lo ya...’


Eh saya malah didamprat

‘husssh! jangan ngomong gitu!!’

Duhhh…kenapa memangnya gak boleh ngomong kayak gitu? Itu realistis kan? Bakal terjadi sama semua orang kan? Kenapa harus takut, atu jangan, dan gak boleh ngomongin hal buruk yang akan terjadi sama kita? Toh semakin kita menghindar untuk memikirkan, malah akan bikin kita takut ada hal buruk yang menimpa kita kan? Padahal semuanya bisa terjadi kapan aja.


Gak tau kenapa saya kadang sengaja menyempatkan waktu untuk memikirkan hal buruk (sebenernya bukan hal buruk, tapi hal – hal yang bisa terjadi sama siapa saja, kapan saja, di mana saja). Saya berusaha gak takut membayangkan suatu hari nanti mama saya meninggal, saya akan bagaimana, menangis atau tidak. Atau suami saya meninggal, apakah saya akan menangis meraung – raung atau hanya diam saja menahan sakit, bagaimana saya akan bertahan hidup tanpa dia, banyak lagi. Atau bisa saja suatu hari nanti (entah karena apa) saya jadi nggak cantik lagi (emang pernah cantik?? *lempar monitor*), atau saya jadi gila (emang sekarang gak gila??? *mungutin serakan2 monitor yang dilempar tadi*), atau suami saya meninggalkan saya, banyak lagi.


Bukan saya berdoa, bukan saya ingin semua itu terjadi. Saya cuma gak mau takut apabila suatu hari nanti berhadapan dengan hal – hal buruk macam itu.

Itu aja.

1 comment:

Anonymous said...

Hi all. How are you?